Teknologi computer to plate diperkenalkan ke pasar untuk pertama kali pada akhir tahun 1993 di gelaran IPEX, pameran perdagangan untuk industri graphic-art di Eropa, kedua terbesar setelah drupa.

Computer to plate adalah istilah yang digunakan untuk pembuatan pelat cetak secara langsung yang dikendalikan komputer dari data digital. Teknologi ini ditujukan untuk produksi pelat untuk cetak offset serta produksi pelat untuk cetak Flexographic. Sedangkan istilah ‘Computer to cylinder’ lebih sering digunakan untuk direct imaging pada silinder cetak gravure, untuk mengukir silinder gravure langsung dari data digital. Sementara ‘Computer to screen’ adalah istilah yang digunakan dalam produksi stensil untuk sablon.

“Apa yang menyebabkan CtP lebih disukai ?
(1) Repro lebih akurat melalui penghapusan berbagai variasi proses, alur kerja prepress menjadi efisien. (2) Mudah melakukan perubahan data sebelum imaging pelat di menit-menit terakhir. (3) Tenggat waktu menjadi lebih pendek, pergantian job menjadi lebih cepat. (4) Membuat make-ready pada mesin cetak menjadi lebih cepat.”

 

 

Komponen Dasar
Computer to Plate (CtP) terdiri dari tiga komponen dasar: computer, imaging system, dan printing plate. Semua komponen sekarang ini telah mencapai teknologi yang sudah semakin canggih dengan aplikasi yang jauh lebih praktis.

Komputer
Komputer menduduki tempat pertama, karena berpengaruh terhadap seluruh alur kerja. Penggunaan elektronik pada komputer, khususnya, menghasilkan penghematan mendasar dalam waktu dan biaya plate making, dibandingkan dengan cara manual, atau dengan ekspose plate dengan film. Apalagi pengadaan film dari polyester sekarang, sudah sangat jarang, mahal, dan prosesnya lama. Keseluruhan sistem CtP ini biasanya terdiri dari beberapa komputer yang disiapkan untuk berbagai fungsi seperti imposisi, Raster Image Processor (RIP), penyimpanan data, dan pendukung kinerja image setter.

Imaging System
Transfer data digital dari komputer untuk memunculkan image pada permukaan pelat dilakukan oleh elemen yang terpusat dari komputer ke sistem image setter. Kebanyakan sistem sinar laser yang digunakan untuk tujuan ini, untuk menghasilkan gambar pada pelat. Kekuatan dan panjang gelombang dari sinar laser bisa disesuaikan tergantung pada kepekaan permukaan pelat-nya.

Pencetakan Plat
Banyak jenis plate yang tersedia untuk aplikasi CtP. Yaitu aluminium, polyester, atau kertas dengan coating. CtP dengan bahan aluminium adalah yang paling populer, karena ketahanan dan kualitas cetaknya di mesin offset. Hingga saat ini, pelat masih harus melalui proses pelarutan berbasis air setelah imaging dilakukan (proses developer).