Bagi Anda yang ingin memulai usaha digital printing, tentu seringkali dihadapkan pada pertanyaan “Apakah bisnis digital printing  memiliki prospek yang besar? Apakah usaha printing masih prospektif di era online saat ini? Bila sudah ketemu jawaban tadi,  mesin digital printing apakah yang ideal untuk memulai usaha digital printing?.”  Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, membuat kita berpikir, apa perbedaan antara mesin digital printing yang satu dengan yang lainnya?

Selama iklim perekonomian dalam kondisi stabil, yang artinya tidak dirundung oleh berbagai masalah seperti bencana alam, pandemi atau konflik horizontal, bisnis printing masih sangat menjanjikan keuntungan besar (prospektif), Karena tidak semua kebutuhan manusia bisa terpenuhi oleh kumpulan bit data resolution atau algoritma (online). Ada banyak hal yang harus ditunjukkan atau diperlihatkan secara tangible, apalagi yang bersifat untuk promosi massal.

Jadi, pertanyaan awal sudah terjawab. Kemudian, sebelum anda memutuskan untuk membeli mesin digital printing, perlu mengetahui terlebih dahulu tips-tips dibawah ini:

1. Ketahui dan pelajari sasaran pasar (target market).

Masing-masing jenis mesin digital printing memiliki kelebihan dan kekurangan bergantung pada teknologi yang digunakan. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui apa yang dibutuhkan oleh target pasar yang anda tuju. Misalnya saja untuk order proyek Pemerintahan (Pilkada, Pilpress), order corporate, advertising pada kendaraan, dan lain-lain. Kebutuhan mesin digital printingnya pasti berbeda-beda. Sehingga, sangatlah penting untuk mengetahui keinginan calon pelanggan anda nantinya, agar Anda dapat mencari mesin digital printing yang memiliki keunggulan yang paling ideal dengan keinginan calon pelanggan.

2. Belajar dari Pemain Yang sudah Mulai lebih dulu dengan Bergabung di Komunitas.

Agar bisnis digital printing yang ingin Anda tekuni bisa berhasil, bergabunglah dengan komunitas yang bergelut di bidang printing, sehingga anda dapat mengetahui medan tempur usaha yang akan ditekuni.  Kita jadi bisa mengetahui USP (Unique selling proposition) dari para pemain yang duluan berkiprah. Baik dari segi keunggulan maupun kelemahannya, seperti teknologi dari mesin digital printing yang digunakan, servis yang diberikan dari mesin yang digunakan mereka, kualitas cetak, waktu tunggu pelanggan, dan masih banyak lainnya. Dengan berbekal pengetahuan tersebut, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik. Sebagai contoh: apabila ada pemain yang menggunakan mesin digital printing dengan kualitas cetak rendah dan tidak memuaskan, akan menjadi pelajaran bagi kita  untuk menghindari nasib yang sama bila kita membeli mesin yang sama juga. Oleh karena itu referensi dari pemain lain  itu penting untuk diperhatikan.  

3. Kualitas Cetak Printer Yang Bagus.

Dalam memilih printer, kualitas cetak tentu menjadi perhatian utama anda. Di pasar printer, kini telah banyak beredar printer-printer yang memiliki kualitas rendah hingga kualitas terbaik. Perbedaan menyolok biasanya terletak saat mencetak image beresolusi tinggi, bila pada printer berkualitas tinggi hasil cetakannya lebih bagus, kerapatan pixel yang sangat kecil dan tipis bisa tercetak dengan baik. Sedangkan pada printer kualitas rendah, akan terlihat pixel pecah yang tentunya sangat mengganggu. Tak sedikit, end user akan komplain dengan kualitas cetak yang tidak memuaskan.

4. Kecepatan Cetak.

Di era masa kini yang mana suatu layanan membutuhkan ketepatan waktu, kecepatan produksi sangat penting.  Bisnis digital printing ini sangat membutuhkan sekali kecepatan tinggi dalam mencetak. Terkadang ada order-order dadakan dimana harus dikejar dalam satu malam. Bila printer kita tidak cukup handal dalam kecepatan, maka usaha kita akan kalah bersaing dengan percetakan yang memiliki mobilitas yang lebih tinggi.

5. Usahakan Membeli Printer Dalam Kondisi Baru.

Mengingat mesin printer digital merupakan mesin yang pasti akan memiliki penurunan kinerja, sebaiknya hindarkan untuk membeli printer bekas dikarenakan dapat memungkinkan banyak kerugian di calon pembeli, dari sisi penjual juga terkadang menyembunyikan kekurangan saat dijualnya. Part-partnya sudah tidak orisinil. Kinerja mesin juga sudah banyak diakali.

(photo: Messe D├╝sseldorf/ctillmann)

6. Pilih Merk yang Memiliki Brand Yang Kuat.

Dengan memilih produk printer dari merk dengan branding yang kuat, anda sudah mendapatkan kualitas terbaik, beberapa merk yang terkenal sudah sangat berpengalaman dalam produksi mesinnya. Bagi anda yang ingin memilih merk yang tidak recommended, anda sedang bereksperimen. Resiko-resiko tentunya siap ditanggung bila ternyata kinerja mesinnya mengecewakan. Calon pembeli bisa mencari tahu terlebih dahulu kekurangan dan berkonsultasi pada para senior di komunitas mengenai perbandingan merk lain dengan merk brand terkenal. Dan keputusan yang lebih tepat adalah membeli pada dealer mesin yang sudah terpercaya.

7. Garansi Resmi Yang Jelas.

Salah satu yang harus diperhatikan sebelum membeli printer baru adalah garansi. Ada beberapa delaer yang hanya memberikan  garansi dealer saja, dan ada pula dealer yang membantu klaim garansi hingga penggantian mesin, sehingga pilihlah dealer mesin cetak yang bisa membantu mengklaim kerusakan printer yang anda beli sehingga hal itu akan memudahkan anda bila sewaktu- waktu printer anda mengalami kerusakan. Misalnya karena force majeur.

8. Ketahanan Usia Printer.

Sebagai konsumen, anda juga tidak perlu malu untuk menanyakan kisaran usia tahan lamanya printer yang akan anda beli. Dikarenakan ada beberapa printer yang memang cepat rusak, kerusakan biasanya terletak pada printhead yang tidak tahan lama dan harga printhead lebih mahal dari yang lainnya.

Lebih baik, konsultasilah terlebih dahulu kepada customer service atau penjual yang berpengalaman terhadap feedback dari penjualannya. Berdiskusi di komunitas juga sangat membantu dalam keputusan pembelian berdasarkan ketahanan usia mesin.

9. Perhatikan Layanan Purna Jual.

Sales atau seorang yang melayani pembelian anda, seharusnya anda harus berhati-hati pada sales yang menjual barang saja dan tidak menerima berbagai komplain semenjak barang diterima (purna jual). Bagi anda yang ingin membeli printer, sebaiknya kenali dealer terlebih dahulu dan lihat penawaran lebih yang diberikan kepada anda. Jejak rekam suatu dealer biasanya terekam dari pengalaman-pengalaman pengguna sesama anggota komunitas yang sudah menggunakan mesin tersebut.

10. Ekonomis dan Go-Green.

Perihal harga seringkali menjadi pertimbangan utama para pemain dalam memilih mesin. Tetapi sebenarnya yang perlu diperhatikan dalam pembelian mesin juga adalah harga spare partnya. Harga mesin murah, tapi spare part originalnya sulit dicari atau tintanya mahal, setali tiga uang jadinya. Lalu yang perlu diperhatikan juga adalah harga mesin yang murah seringkali disesuaikan dengan kualitas dari mesinnya itu sendiri, lalu beban purna jual yang seringkali dilimpahkan kepada calon pembeli. Selain di mesinnya itu sendiri, yang wajib diperhatikan adalah pemilihan media cetak yang baik dan ICC Profile yang tepat. Pemilihan mesin yang memperhatikan kesehatan lingkungan dan ekosistem juga penting untuk dipertimbangkan. Apalagi kampanye Go-Green saat ini tengah digaungkan untuk kehidupan yang lebih sehat dan aman bagi lingkungan.

HP sebagai salah satu produsen Printer terkemuka di dunia, terus berusaha mengembangkan teknologi dan fitur-fitur yang dapat mengimbangi perkembangan tren di dunia printing. Melalui HP Latex, ada berbagai Aplikasi yang dapat digunakan oleh Customer untuk mencetak produk-produk yang menjadi tren baru sesuai dengan perkembangan di dalam bisnis printing.

Ikutilah Free Webinar dari HP yang membahas mengenai aplikasi-aplikasi baru pada teknologi HP Latex printer. Registrasi Webinar pada link berikut: https://mailchi.mp/1bd47e3e366d/hpwebinar