Pabrikan mesin cetak kenamaan asal Jerman, Heidelberg, memutuskan untuk  tidak akan tampil di drupa 2021, pameran perdagangan internasional terbesar untuk industri printing yang akan diselenggarakan di  tahun depan. Heidelberg  akan fokus pada live streaming virtual di pabrik mereka dan acara event-event live di Print Media Centre regional untuk menunjukkan produknya.

Di sisi lain, bagi penyelenggara drupa, ini tentunya merupakan ancaman besar bagi kelangsungan penyelenggaraan drupa 2021. Karena seperti yang kita ketahui, dalam sejarahnya, Heidelberg merupakan salah satu perintis dari penyelenggaraan drupa. Apalagi, sebelumnya Bobst juga memutuskan untuk tidak ikut di pameran terbesar industri printing dunia tersebut.

CEO Heidelberg, Rainer Hundsdörfer mengatakan, keputusan telah dibuat lebih awal karena situasi pandemi COVID-19 masih belum jelas di tahun depan dan ini akan berdampak pada jumlah pengunjung yang dapat menghadiri Drupa nanti.

Dia juga menambahkan bahwa dengan perubahan teknologi yang begitu cepat, pelanggan harus tetap up-to-date dengan teknologi baru yang lebih fleksibel dan cepat.

“Jadi, perusahaan telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam pameran perdagangan internasional tahun depan dan dengan demikian tidak akan mengambil bagian dalam drupa,” kata Hundsdörfer.

“Pada tahun 2021, drupa akan menjadi sangat berbeda – pembatasan perjalanan global, peraturan higienis, physical distancing mengakibatkan penurunan tajam jumlah pengunjung dan kendala komunikasi.

“Pameran dagang internasional dengan konsep tradisional dengan stand dan aula yang dipenuhi pengunjung akan sangat sulit untuk diterapkan dan kemungkinan akan kehilangan status mereka sebagai ajang pertemuan global untuk pelanggan dan produsen.

“Sebagai mitra lama drupa, Heidelberg dengan senang hati akan terus menawarkan pengalamannya ketika datang untuk membawa konsep pameran perdagangan di masa depan. Apalagi Heidelberg sudah seringkali mengadakan live demo di Print Media Centre.”

Oleh karena itu, Heidelberg mengalihkan fokusnya ke Pekan Inovasi (19 – 23 Oktober 2020). Ini akan dilakukan live streaming secara virtual maupun tatap muka dalam jumlah pengunjung terbatas di pabrik mereka,  di Wiesloch-Walldorf, Jerman.

Heidelberg juga akan mengadakan acara serupa untuk regional, dimana pabrikan mesin offset tersebut memiliki beberapa Print Media Centre yang berlokasi di Atlanta, Shanghai, Sao Paulo, dan Tokyo.

Innovation Week akan berfokus pada pengemasan dan komersial, termasuk pencetakan otonom, solusi end to end, Smart Print Shop dan Push-to-Stop.

“Kami akan berinvestasi lebih banyak dalam konsep-konsep baru, perdagangan secara virtual untuk memastikan komunikasi pelanggan yang lebih dekat dan lebih individual serta dalam acara regional di pasar pertumbuhan kami,” kata Hundsdörfer.

“Ini berarti kami akan dapat menyelaraskan diri secara konsisten dengan harapan pelanggan kami.

“Pekan Inovasi ini memungkinkan kami untuk berkomunikasi dengan pelanggan kami sesegera mungkin dan menghadirkan inovasi kami yang ofensif.”

Dialog tatap muka akan tetap bisa dilakukan bila diperlukan. Print Media Centre  Wiesloch / Walldorf, Atlanta, Shanghai, Sao Paulo dan Tokyo akan tetap terbuka bagi para pelanggan, di mana kebutuhan-kebutuhan yang perlu ditangani secara spesifik pelanggan dapat ditangani langsung di tempat.

Heidelberg mengatakan, semua print media centre  ini menawarkan kepada pelanggan, akses khusus ke runag demo produk dan solusi, banyak kemungkinan untuk komunikasi langsung dengan spesialis aplikasi serta kursus pelatihan yang luas.

Print Media Center sekarang menjadi lokasi bagi pelanggan untuk melihat langsung demo dan untuk memvalidasi investasi. @