Produsen mesin cetak Jerman, Manroland Sheetfed dan produsen mesin cetak asal Jepang, Komori Corporation sama-sama menarik diri dari drupa di tengah kekhawatiran seputar pandemi COVID-19. Perusahaan-perusahaan tersebut telah menambah daftar  perusahaan yang batal ikutan di drupa 2021, setelah sebelumnya, Heidelberg dan Bobst, berhenti berpartisipasi dalam pameran terkemuka industri percetakan, yang biasanya diadakan setiap empat tahun di Düsseldorf, Jerman. Pengumuman ini juga menyusul penundaan drupa dari Juni 2020 menjadi April 2021 karena pandemi COVID-19.

Managing director Manroland Sheetfed group, Rafael Peñuela-Torres, mengatakan, “pameran di drupa, atau pameran perdagangan lainnya dalam hal ini, sama sekali tidak masuk akal selama dalam keadaan pandemi seperti  ini.”

“Sangat disesalkan, karena kami tadinya akan menunjukkan  demonstrasi live dari mesin cetak Roland 900 Evolution kami yang baru diluncurkan dan Roland 700 Evolution Elite baru, tetapi sayangnya, itu tidak cukup praktis dalam keadaan saat ini.  Sebagai gantinya, kami akan mengadakan serangkaian live webinar di musim gugur.”

Komori Corporation mengatakan di dalam rilisnya, bahwa keputusan untuk menangguhkan pamerannya di pameran dagang dibuat sebagai tanggapan terhadap virus corona dan dampak seriusnya terhadap ekonomi baik negara maju maupun negara berkembang, dengan mempertimbangkan potensi risiko gelombang kedua atau gelombang ketiga pandemi.

“Sementara keadaan yang sangat tidak biasa ini membuat Komori memutuskan membatalkan partisipasi di drupa 2021. Rencana ke depan, kami akan meluncurkan serangkaian produk dan layanan baru melalui acara open house dan partisipasi aktif untuk pameran regional. Informasi baru juga akan dirilis menggunakan berbagai media seperti situs web perusahaan, layanan distribusi informasi dan video menggunakan email atau SNS, pameran online dan webinar, ”kata perusahaan itu.

“Laju perubahan struktur sosial dan industri telah meningkat dengan cepat pada tahun 2020, mengubah iklim operasional industri percetakan. Kami akan selalu mendengarkan pelanggan kami, mengembangkan dan memberikan inovasi teknologi dan layanan yang penting bagi perusahaan percetakan di seluruh dunia untuk beradaptasi dengan perubahan iklim. ” @