Surya Printing, sebuah perusahaan percetakan yang berlokasi di jalan Dr. Susilo Raya no. 6, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, mengadakan acara open house Fuji Xerox Irridesse (14/09/2018). Redaksi Majalah Print Graphic mewawancarai Bapak Ir. Kijanto S. atau biasa dipanggil Pak Dharma, di sela-sela acara :

Bisa diceritakan sejarah perusahaan Bapak?
Kijanto (Pak Dharma) : “Surya Copy Centre berdiri sejak tahun 1978. Awalnya perusahaan ini merupakan hasil usaha patungan diantara tiga mahasiswa universitas yang bergerak di bidang jasa fotocopy. Sampai tahun 1982, pemilik Surya Copy Centre masih tetap tiga orang. Tetapi setelah lulus kuliah, tidak semua pendiri berminat meneruskan. Dua pendiri meninggalkan Surya Copy Centre dan melelang sahamnya kepada saya, sebagai pendiri yang tersisa untuk meneruskan usaha tersebut.”

“Pelanggan kami banyak berasal dari perusahaan-perusahaan corporate yang loyal, seperti BCA, Garuda Indonesia, Perusahaan Gas Negara, dan lain sebagainya. Perjalanan usaha yang panjang sebagai pemain fotocopy, hingga di tahun 2008, Surya Copy Centre mengembangkan usahanya ke bidang printing karena desakan corporate dan retail customer. Perusahaan berganti nama menjadi Surya Printing dan kami terus memberikan service terbaik, dari segi mutu dan ketepatan waktu.”

“Sampai akhirnya, di tahun 2013, kami mulai menginstalasi mesin Fuji Xerox C800. Disaat itu, harga sangat bersaing. Bahkan cenderung tidak sehat. Tapi Surya printing terus bertahan karena penurunan harga dapat tertutup dari omzet.”

“Kemudian di tahun 2018 ini, kami menginstalasi mesin Fuji Xerox Iridesse berkat dukungan penuh dari Astragraphia.”

Apa alasan Bapak memilih Fuji Xerox Iridesse?
Kijanto : “Saya tertarik dengan teknologinya. Saya melihat bahwa mesin Fuji Xerox memiliki banyak kelebihan. Kemampuan mencetak 6 warna dengan special color white dan silver. Kelebihan lainnya adalah kemampuan cetak di hampir semua bahan, termasuk kanvas. Kemudian grammaturnya beragam dari tipis hingga tebal.”

Saat ini berapa unit mesin Xerox yang sudah diinstalasi?
Kijanto : “Kini sudah ada 5 unit. Yaitu Fuji Xerox C800, C1000i (Silver), Irridesse dan mesin black and white, D95 dan D125.”

Mengapa Bapak begitu loyal pada mesin Fuji Xerox?
Kijanto : “Sebenarnya yang paling utama adalah service dari penyedia mesinnya yaitu Astragraphia yang sangat menunjang usaha saya. Dari segi harga mesinnya juga cukup kompetitif. Mungkin pendapat orang lain berbeda dengan saya. Tapi sebagai pengusaha, saya mempertimbangkan segala seginya. Termasuk untung dan ruginya dari pengadaan mesin-mesin terbaru. Astragraphia memberikan pelayanan 24 jam kepada saya. Saya puas sekali.” @pg