Highlight: Seminar Printing Revolution di All Print 2018

Kamis, 25 Oktober 2018, pkl 13.00 s.d. pkl 17.00

Bertempat di Hall B, JIEXPO Kemayoran, Jakarta

(Info seminar via WA : 081289528239)

Berkembang Dengan Printer UV – Revolusi Printing

oleh Imam Syaroni (Ronita Digital Printing)

Perubahan itu pasti terjadi dan kita mungkin telah menyaksikan begitu banyak perubahan menelan orang-orang yang tak mau berubah. Misal ketika blackberry digulung oleh android, ketika warnet atau wartel digulung eranya smartphone. Ketika media cetak digulung oleh media online. Biasanya yang tergulung itu karena tidak mau berubah atau terlambat untuk merespon perubahan.

Dulu solvent sangat berjaya sebagai tinta printer. Dulu pigment juga sangat keren sebagai tinta anti air. Tapi kedua tinta ini tergeser ke pinggir oleh ecosolvent. Sudah satu dekade printer ecosolvent merajai dan menjadi primadona sampai sekarang. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi sepertinya mulai ada tinta lain yang mulai mengganggu dominasi tinta ecosolvent yaitu tinta uv dan latex.

Setahun lalu di pameran Allprint 2018, saya kepincut dengan printer uv Mimaki UCJV300-160 yang merupakan printer uv print & cut terbaru dari Mimaki. Banyak yang mempertanyakan langkah saya kenapa mengambil mesin baru yang belum teruji, bahkan ada yang mengisukan printernya bermasalah karena saya jarang menampilkan hasilnya.

Sayangnya, saya terlalu sibuk untuk memperhatikan itu. Saya sibuk mempelajari printer baru saya, sibuk memikirkan bahan apa yang cocok untuknya dan dibawa kemana arahnya agar tidak bentrok dengan printer ecosolvent Epson S80670 yang sebulan sebelumnya saya beli juga. Intinya setahun ini saya sibuk mengembangkan diri dengan printer uv baru saya agar bisa benar-benar mengoptimalkannya.

Jadi setiap printer itu harus dioptimalisasikan agar lebih greget. Ini juga jawaban bagi teman-teman yang mikirnya kalo sudah beli mesin besar akan enak dan langsung laris. Tidak bro, beli mesin apa saja itu ada tantangannya bahkan semakin besar printernya makin besar tantangan untuk mengoptimalkannya.

Alhamdulillah,  kini hasilnya mulai terlihat, printer yang saya pilih terus bekerja dan mampu menembus sekat baru. Misalnya bisa untuk wrapping mobil dan motor padahal banyak yang menghindari tinta uv karena cracking atau retak tintanya. Yang katanya enggak bisa untuk kaos tapi kami malah bisa memakainya untuk bikin kaos glow in the dark yang keren. Yang katanya mahal malah mempertemukan kami dengan konsumen yang sedang mencari cetakan mahal.

Jadi kini kami nyaman berkembang dengan printer uv Mimaki UCJV300-160 kami. Dan ketahuilah bahwa perkembangan kami bersama printer uv ini didasari dari perjalanan panjang kami sejak tahun 2011 ketika kami pertama kali memutuskan membeli printer uv. Dan dari pengalaman pahit dimana harus menyerah dua tahun dengan printer uv hybird kami karena salah tinta dan arah marketnya. Jadi setelah 7 tahun gulang gulung bersama printer uv maka kami lebih strong berkembang bersamanya. Kami juga yakin bahwa uv ini nanti akan menjadi salah satu idola baru saat sang ecosolvent mulai tergeser tempatnya.

Sekali lagi bahwa persiapan melakukan revolusi cetak itu tidak bisa instan, butuh waktu lama untuk menyiapkannya. Walau mungkin proses revolusinya sendiri itu sangat singkat.

So, jangan lupa untuk selalu siap berubah dan mengikuti arah revolusi bergerak karena biasanya revolusi berlangsung cepat dan tak terasa.

Salam Kreatif
RONIta Digital Printing
Jl. Raya Buaran Viktor-BSD
Gang Mawar No 121
Desa Buaran Gardu, Kecamatan Serpong
Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia
Kode Pos 15310
Phone : 021-75671566
SMS/WA : 081210987567 (Irfan) 087808286804 (Asih) 083873421717(Dian) 08896563737 (Nia) 089653695844 (Ella)
Email : ronita.dp@gmail.com
Website : www.ronitadp.com