Live demonstration Speedmaster CX75 (Source photo : Heidelberg Druckmaschinen AG)

Sudah nonton webinar live demonstration Speedmaster CX75 yang diadakan oleh Heidelberg Druckmaschinen AG di Print Media Centre, Heidelberg, Germany, pada 19 Februari lalu?

Ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang Speedmaster CX75? berikut ini uraian dari product manager Heidelberg Indonesia, Jaya Atmaja.

Heidelberg Speedmaster CX75 diluncurkan di  China Print 2017. Varian ini untuk memberikan solusi terbaik kepada para pengusaha percetakan yang bergerak di komersial dan cetak packaging bahkan bagi yang bergerak di keduanya. Heidelberg menghadirkan mesin multi talent yang handal untuk mengerjakan pekerjaan komesial dan juga pekerjaan packaging berukuran A2 (50 x 70 cm).

Live demonstration Speedmaster CX75 (Source photo : Heidelberg Druckmaschinen AG)

Mesin cetak ini mengambil konfigurasi modern dengan platform XL 75 sebagai acuan dengan konsep Double Diameter Impression Cylinder yang sangat cocok untuk pekerjaan packaging. Ada dua pilihan ukuran kertas yang bisa dipilih yaitu 53 x 75 cm yang biasa digunakan pada pekerjaan komersial dan 60,5 x 75 cm yang biasa digunakan pada pekerjaan packaging, sangat sesuai untuk menambah jumlah up pada setiap lembarnya.

Dengan fleksibilitas yang tinggi dapat mengerjakan kertas dengan ketebalan mulai 0,03mm sampai 0,60mm untuk pekerjaan packaging bahkan jika ada kebutuhan lebih dari 0,60mm masih dimungkinkan untuk opsi 0,80 mm.
Persiapan yang cepat untuk pekerjaan pendek yang didukung oleh penyetelan Preset yang menyeluruh di semua bagian dari Feeder sampai Delivery. Penggantian tinta yang cepat dengan menggunakan Ink Foil juga dilengkapi dengan pencucian otomatis serta pemasangan pelat semi otomatis (Autoplate) yang hanya memerlukan waktu 50 detik untuk setiap pemasangan pelatnya, juga mudah mencapai kecepatan maksimum yang mengacu pada fitur platform XL 75 yaitu kompensasi kecepatan yang menyeluruh (Speed Compensation).

Dengan model slim yang menggoda, mesin ini sangat cocok untuk percetakan yang hanya memiliki tempat yang terbatas, dengan lebar 2,8 meter mesin ini lebih kecil 50 cm dibanding XL 75 karena tidak menggunakan galeri pada sisi operator tetapi menggunakan pijakan yang kaki yang mudah digunakan dan bisa dilipat pada saat tidak digunakan juga dilengkapi rel pengaman pada semua printing unit yang membuat mesin ini aman untuk para operator cetak.

Secara kualitas cetak Heidelberg tidak membedakan dengan tipe mesin Heidelberg yang lain karena sudah menjadi standard kami memberikan kualitas yang tinggi pada semua mesin Heidelberg sebagai bukti konsistensi Heidelberg pada kualitas yang tinggi. Kontrol mesin menggunakan Prinect Press Center 2 membuat mesin ini sangat mudah digunakan dengan pilihan Bahasa Indonesia, dilengkapi fitur Intellistart yang memandu operator cetak pada saat melakukan proses penggantian pekerjaan lebih dari 70% langkah pengantian dipandu oleh software ini. Seperti pada mesin – mesin lainnya mesin inipun sudah dilengkapi dengan sistem pemantauan maintenance yang akan mengingatkan operator cetak untuk melakukan maintenance pada waktu yang telah ditentukan, hal ini memastikan tidak ada waktu maintenance yang terlewat mengingat maintenance adalah hal vital, yang tidak bisa dilewatkan untuk menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi.

Mesin ini siap berintegrasi dengan Prinect workflow seperti Prinect Pressroom Manager yang mengirimkan semua data yang diperlukan oleh mesin untuk mencetak satu pekerjaan seperti:

• Data pekerjaan yang meliputi nama pelanggan, job ticket, nama pekerjaan, jumlah yang akan dicetak
• Feeder setting yang meliputi panjang dan lebar serta ketebalan bahan cetak, penempatan samping, kecepatan cetak, Suction Head, Ultrasonic Double Sheet Detector serta penyetelan udara pada Feeder
• Inking unit yang meliputi penintaan awal, presetting tinta, putaran rol bak tinta, kurva karakteristik tinta.
• Printing unit yang meliputi tekanan Impression Cylinder, alokasi warna pada semua printing unit, silinder pelat posisi nol serta setingan udara pada semua printing unit
• Delivery yang meliputi setingan udara pada Delivery, format penahan kertas pada Delivery , ukuran bukaan Spray Powder
• Untuk mesin yang menggunakan unit Coating, penyetelan Dryer juga tersetting dari data yang dikirimkan oleh Prinect Pressroom Manager
Data yang dikirimkan akan diproses pada Press Center 2 untuk dilaksanakana pada mesin cetak dan mesin cetak akan mengirim kembali ke Pressroom Manager sebagai update status terakhir dari pekerjaan di mesin yang dapat dijadikan referensi pada bagian perencanaan, data yang diberikan juga bisa berupa data gabungan produktifitas mesin secara detail dalam kurun waktu tertentu, yang akan membantu para Pengusaha Percetakan menganalisa seberapa besar produktivitas mesin ini dalam satu waktu tertentu (misal 1 bulan) dalam bentuk grafik diagram yang mudah dipahami.

Live demonstration Speedmaster CX75 (Source photo : Heidelberg Druckmaschinen AG)

Mesin Speemaster CX 75 melengkapi portofolio Heidelberg pada ukuran A2 (50 x 70) bersama dua mesin lainnya yaitu SX 74 dan XL 75 yang sudah ada terlebih diperkenalkan.
Adapun model – model yang dapat dipilih dari CX 75 adalah,
• Pada area komersial tersedia CX 75-4 , CX 75-5 dan CX 75-6
• Pada area packaging tersediakan CX 75-4+L , CX 75-5+L dan CX 75-6+L dengan variasi panjang Delivery yang bisa dipilih sesuai pekerjaan yang akan dikerjakan
Untuk percetakan yang mempunyai pekerjaan UV, mesin Speedmaster CX 75 pun dapat dikonfigurasi dengan 3 jenis UV System yaitu Full UV, Low Energy UV dan LED UV, tergantung pada jenis pekarjaan UV apa yang akan dikerjakan. Team Heidelberg sangat terbuka dan siap berdiskusi dibutuhkan informasi lebih mendalam dengan show unit sudah tersedia untuk dilihat dan didemokan terpasang di Print Media Center (PMC) Germany dan Shanghai.■

Ditulis oleh :

Jaya Atmaja, Product Manager – Sheetfed Heidelberg Indonesia