Mimaki UCJV300-160 merupakan mesin pengembangan terbaru dari Mimaki Corp Japan. Mesin ini merupakan mesin large format printer dengan teknologi UV dengan menggunakan printhead Ricoh Gen 5 (mendukung hingga 7 pl). Banyak cetakan yang selama ini tidak bisa dilakukan oleh mesin-mesin eco-solvent, kini bisa dilakukan di mesin UV ini.

Misalnya pencetakan stiker berbahan transparan. Cetakan bisa dibuat seolah-olah ada yang tembus, ada yang tidak. Juga pencetakan wallpaper bisa lebih spesifik. Kemudian backlit textile dengan fitur day & night juga bisa dicetak dengan mesin ini. Fitur day & night merupakan fitur baru sebagai salah satu aplikasi kreatif yang saat ini trend di-eksplorasi para pemain percetakan digital. Selain itu,  bahan fabric textile juga sedang booming di pasaran. Karena kemampuannya mencetak 4 layer. Dimana layer pertama adalah warna putih. Mimaki UCJV300-160 memiliki kecepatan cetak antara15 – 20 m². Kelebihan dari Mimaki UCJV300-160 ini juga adalah warna black-nya yang solid. Biaya investasi mesin ini dibanderol sekitar 400 juta rupiah, kurang lebih.

Redaksi mewawancarai penginstal pertama dari Mimaki UCJV300-160, yaitu Bapak Imam Syaroni dari RONIta Digital Printing.

Sejak kapan Bapak menginstalasi mesin Mimaki UCJV300-160?
Imam Syaroni : ”Saya menginstalasi mesin ini dari Januari 2018. Saya menjadi penginstal pertama. Karena waktu itu, mesin ini diluncurkan di All Print 2017. Saya langsung tertarik dengan karakter Mimaki UCJV300-160 karena double white-nya, speed cetak dan print and cut-nya. Hingga saat ini, saya pakai produksi untuk banyak item. Mulai dari cetak sticker-sticker yang tidak bisa dicetak menggunakan printer eco-solvent, cetak backlit, pembuatan kaos, foto low-end, dan lain sebagainya.

Bagaimana Bapak menerapkan harga untuk biaya cetaknya ?
Imam Syaroni : “Kalau untuk end-user tidak ada masalah. Hanya saja bila saya jual ongkos cetak ke reseller, biasanya mereka selalu membanding-bandingkan. Padahal estimasi biaya cetaknya sudah terprogram di software mesinnya. Perhitungan pemakaian tinta bisa dihitung sebelum cetak akan tertera di Rasterlink-nya”.

Ada anggapan penggunaan cetak UV, hasil cetaknya menjadi getas (crack). Bagaimana pendapat anda?
Imam Syaroni : “Bisa anda buktikan dengan Mimaki UCJV300-160. Tidak akan getas. Saya sudah buktikan sendiri, bahkan pada stiker decal motor dimana lekukannya lebih ekstrem dibanding pada mobil, tidak ada masalah”. @pg