Fungsi kemasan farmasi paling utama adalah menjaga khasiat obat yang dikemas, sehingga khasiatnya  mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama sebelum dikonsumsi. Sesuai dengan fungsi utamanya, yang terpenting adalah daya lindung kemasannya sendiri terhadap hal-hal yang dapat mempengaruhi penurunan khasiat obat.

Apakah Anda sering memperhatikan kemasan yang dipakai untuk membungkus obat? Obat ada yang berupa pil, seperti Bodrex. Dikemas dalam plastik moulding, plastik yang ada lubang-lubang sebagai tempat pil tersebut diletakkan, lalu sebagai penutupnya menggunakan alumunium foil yang tercetak tulisan “Bodrex”. Untuk mengambil obat tersebut, anda cukup menekan alufoil penutupnya dengan jemari anda. Jenis kemasan inilah yang disebut PTP foil (Push Through Pack foil), atau sering juga disebut Blister. Selain itu ada juga jenis kapsul yang dibungkus dengan kemasan yang sekilas tampak seperti alumunium. Misalnya untuk kemasan produk Natur-E. Jenis ini dinamakan strip packaging. Kemasan jenis strip packaging ini sebenarnya terdiri dari beberapa bahan, yaitu; jenis film MSAT dan Alumunium foil. Kedua bahan ini disatukan dengan menggunakan Poly Ethylene (PE). Proses pelapisan ini dinamakan proses laminasi.

Dari gambaran diatas dapat kita lihat bahwa jenis kemasan seperti ini adalah jenis kemasan yang menyentuh langsung dengan produk yang dikemas (obat itu sendiri) sehingga digolongkan sebagai kemasan primer. Kemasan primer ini diproduksi dengan teknik cetak Rotogravure dan berfungsi untuk melindungi produk tersebut. Kemudian kemasan primer dikemas lagi dalam suatu dus dari bahan karton duplex 310 gsm yang sering disebut dengan Folding Box. Kemasan ini tidak menyentuh langsung dengan produk yang dikemas dan digolongkan  dalam kategori kemasan sekunder.

Kemasan dus ini biasanya dicetak dengan teknik cetak Offset dan berfungsi untuk menambah perlindungan terhadap produk, sekaligus media informasi dan promosi tentang produk tersebut.

Selanjutnya dus atau folding box tersebut dikemas lagi dalam karton besar yang umumnya berwarna coklat, yang disebut Corrugated Box atau box gelombang yang biasanya dicetak dengan menggunakan teknik cetak flexo dan berfungsi sebagai shipper guna mencegah kerusakan dalam transportasi, pengapalan dan handling. Lalu ada Leaflet, brosure, catch-cover, label dan lain-lain adalah sebagai pelengkap dari suatu kemasan untuk farmasi. Yang dibahas di artikel ini khusus untuk kemasan primer. Yaitu kemasan yang menyentuh langsung dengan barang yang di kemas.