Asean News Paper (ANP) didirikan untuk mempromosikan dan memajukan pengetahuan dan tingkat keterampilan profesional industri surat kabar di Asia Tenggara (SEA) dan dibentuk pada tanggal 28 April 2010, di Singapura. 

Kelompok ini dibentuk untuk masyarakat dan oleh masyarakat industri surat kabar, dan bergantung pada dedikasi, komitmen, waktu dan dukungan dari komunitas industri surat kabar. Ada dua puluh lima perusahaan penerbitan yang telah berpartisipasi sebagai anggota korporat dari tujuh negara ASEAN – Brunei, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand, dalam konferensi tahunan yang telah diselenggarakan. 

Anggota komite berasal dari perusahaan penerbitan di sekitar wilayah SEA dan menjadi sukarelawan waktu mereka untuk terlibat, memfasilitasi, dan mengatur kegiatan untuk komunitas penerbitan.

Pada Konfrensi Asean News Paper 2017 kali ini di adakan di Indonesia, dan sebagai tuan rumah PT Gramedia ditunjuk sebagai pelaksana acara. Diselenggarakan selama 3 hari di Jakarta ( 18-20 September 2017), diisi serangkaian acara seperti ANP Golf tour, Gala Dinner, kunjungan ke pabrik PT Gramedia-palmerah dan acara seminar yang dilaksanakan di Ballroom C Shangri – La Hotel.