Oleh Eko Pranoto (Dosen Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta)

Marketing 4.0 adalah persiapan yang sangat dibutuhkan untuk pemasaran generasi mendatang. Saat ini navigasi dunia semakin terhubung dan mengubah peta konsumen dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, lebih efektif.

Pelanggan saat ini memiliki lebih sedikit waktu dan perhatian untuk mencari tahu tentang merek Anda — dan mereka dikelilingi oleh berbagai alternatif di setiap langkahnya. Anda harus mampu muncul secara menarik, standout dan mendapatkan perhatian mereka, dan kemudian menyampaikan pesan yang ingin mereka dengar.
Pahami dinamika kebangkitan kekuatan marketplace, paradoks yang diciptakan oleh konektivitas, dan meningkatnya perubahan subkultur yang akan membentuk konsumen masa depan.

Hal ini menunjukkan mengapa Marketing 4.0 menjadi penting untuk produktivitas, dan mengapa Anda harus paham bagaimana cara menerapkannya pada produk atau merk Anda saat ini.

Marketing 4.0 mampu memahami mood atau perubahan minat konsumen dengan pengetahuan mengenai user experience untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan melibatkan mereka sepenuhnya dalam pengembangan produk berikut komunikasinya.
Dorongan perubahan akan menghambat pemasaran konvensional, dan paradigma baru mengenai kultur lokal, teknologi, perilaku, gaya hidup dan minat akan menjadi bagian integral dari metodologi penyusunan strategi marketing.

Aturan baru di dunia Marketing:
• Bangun dan ciptakan momen WOW
• Bangun basis pelanggan setia dan aktif
• Pelajari apa yang akan membentuk pilihan pelanggan di masa depan

Setiap beberapa tahun selalu muncul gerakan pemasaran “baru”, tetapi pemasar yang berpengalaman tahu bahwa kali ini berbeda; bukan hanya aturan yang telah berubah, namun pelanggan pun telah berubah. Marketing 4.0 menyiapkan kerangka kerja yang solid berdasarkan visi dunia nyata dari konsumen sebagaimana adanya saat ini, dan sebagaimana akan terjadi besok. Pemasaran 4.0 memberi Anda keunggulan yang Anda butuhkan untuk menjangkau mereka dengan lebih efektif daripada sebelumnya. @