Beberapa waktu lalu, redaksi Print Graphic menjadi satu-satunya media dari Indonesia yang mendapat kesempatan untuk mengunjungi instalasi pertama Heidelberg Primefire 106 B1 digital press di Multi Packaging Solutions (MPS), Germany. Perusahaan ini merupakan anggota kelompok West Rock, USA, berlokasi di kota kecil, Obersulm. Setelah keynote speak-nya di Print Media Academy Heidelberg, Wiesloch, Steffen Schnizer ( Managing Director – SVP Sales Global Beauty & Personal Care MPS) mendampingi kami memberikan segala penjelasan tentang kiprah MPS dan alasannya menginstalasi Heidelberg Primefire 106.

“Digital bagi kami tidak hanya sekedar digital printing. Digital benar-benar membantu pemilik merek pelanggan kami untuk menjadi lebih sukses penjualannya dan menjadi brand yang semakin berpengaruh. ”

Highlight redaksi dari event undangan Heidelberg ke Eropa ini adalah, tentu saja, untuk melihat secara langsung Primefire 106 dalam skala produksi nyata di dalam pabrik Multi Packaging Solutions. Pabrik yang mengesankan kami dengan berbagai mesin offset sheet khusus dan mesin-mesin converting yang sangat lengkap. Dan pada tampilan cetakan pertama, Heidelberg Primefire 106 Digital Press memenuhi standar kualitas reproduksi dan ketepatan warna yang merupakan bagian dari janji Heidelberg.

Seperti yang dikatakan oleh Schnizer, “Kami adalah produsen karton berkualitas tinggi untuk industri kosmetik, parfum dan personal care. Kami juga mengerjakan beberapa pekerjaan untuk merek minuman mewah. Meskipun di Grup Barat, kami telah memiliki pengalaman dengan mesin digital selama 17 tahun, tetapi tidak cukup memenuhi kulitas untuk produk kosmetik. Hingga kemudian Heidelberg Primefire 106, digital berhasil memenuhi syarat pencetakan karton kosmetik dan barang-barang bernilai tinggi sesuai dengan standar yang kami miliki. Ini adalah hari-hari awal, tapi sejauh ini kami senang dengan hasil kemitraan kami dengan Heidelberg. ”

“Jika kita melakukan pengembangan pada mesin produksi massal kita, harganya mahal. Ada 200 parfum setahun yang diluncurkan hanya di Jerman, belum lagi pelanggan kami di Prancis. Sehingga Anda bisa membayangkan berapa banyak pekerjaan on-demand yang kami lakukan, “jelas Steffen Schnizer.
“Primefire memungkinkan kami menghasilkan volume yang lebih kecil dengan lebih efisien agar lebih lincah dan fleksibel, dan mengurangi biaya pengembangan kami.”

MPS berlokasi hanya 90 menit dari pabrik Heidelberg ,Wiesloch. Multi Packaging Solutions telah mempelopori beberapa inovasi kemasan dalam kemitraan dengan Heidelberg. Termasuk pengembangan solusi lapisan interdeck UV dan end-of-press lengkap dimana mesin press pertama dipasang di Obersulm dan kemudian menjadi tolok ukur industri kemasan dunia. Di saat yang sama, Schnizer mampu menghitung beberapa cara di mana Primefire baru menjadi bagian dari solusi perusahaan dalam memberikan inovasi dan nilai bagi pelanggannya.

Instalasi Primefire beta kedua, di Colordruck Baiersbronn, akan berlangsung pada awal bulan depan, dan ada rencana instalasi beta lebih lanjut di wilayah Asia yaitu kuartal ke-3 2018. Tapi Stephen Plenz masih merahasiakan lokasinya. @PG