Tahukah anda bahwa mesin-mesin cetak konvensional dan digital terbaru (hi-end), seperti Heidelberg Speedmaster, HP Indigo, Canon atau Konica Minolta sudah membenamkan spectrophotometer di konsol mesinnya (embedded). Sehingga secara auto, mesin akan mencari settingan warna sendiri sesuai dengan data yang dimasukkan operator secara remote. Ini menjadi sangat vital, karena semua terkait brand customer dan anda.

Bagaimana Brand Owner tahu mereka berada di jalur yang tepat?
Spektrophotometer memungkinkan pemilik merek untuk mengukur dan menentukan warna menggunakan bahasa universal- nilai spectral dan untuk berbagi informasi tersebut dengan penyedia layanan mereka. Penyedia layanan menggunakan spectrophotometer untuk memantau keakuratan warna selama pembuatan untuk memastikannya tetap tepat. Hari ini kita akan melihat bagaimana spektrophotometer membantu memberikan ketenangan pikiran saat mereproduksi warna merek yang kritis.

Apa itu Spectrophometer?
Untuk melihat warna, Anda memerlukan tiga hal: cahaya, benda, dan pengamat. Jika melihat warna dengan mata manusia sebagai pengamat, tidak bisa dipercaya. Penglihatan terhadap warna, mata kita dapat tertipu.

Spectrophotometer, di sisi lain, dapat mensimulasikan cara manusia melihat warna, tanpa menimbulkan kebingungan anomali dalam penglihatan warna. Mereka tidak mengalami mood yang buruk. Mereka juga tidak pernah merasakan lelah. Warna latar belakang tidak mempengaruhi persepsi mereka. Selama dipelihara dengan benar dan digunakan dengan benar, sebuah spektro akan memberi Anda data warna yang akurat dari waktu ke waktu.

Secara matematis, di balik cara kerjanya yang rumit, namun hasil akhirnya memudahkan kita menilai, membandingkan dan mengendalikan warna. Begini cara kerjanya (singkatnya):

• Tempatkan spectro pada sampel dan klik tombol untuk mengukur.

• Spectro memproyeksikan cahaya ke permukaan sampel.

• Sampel menyerap sebagian cahaya dan merefleksikan sisanya ke dalam satu set filter.

• Pengukuran spektrophotometer yang memantulkan cahaya pada banyak titik berbeda dari sampel dan menyajikannya sebagai kurva refleksi.

Sampel-sampel kurva refleksi dapat dibandingkan dengan kurva reflektansi standar untuk menentukan perbedaan warna paling lama sekalipun. Beginilah cara penyedia layanan jasa cetak menentukan apakah warna yang mereka produksi sesuai target. Mengukur sepanjang proses produksi membantu menangkap kesalahan warna sejak awal sehingga perubahan dapat dilakukan sebelum waktu dan bahan terbuang.
Entah Anda mengukur kain, cat, pallet plastik, atau kemasan kardus, pengukuran spektral dapat memastikan warna itu konsisten pada berbagai bahan dan proses produksi.

Memilih Spectrophometer
Saat memilih spektrophotometer, salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah jenis permukaan yang akan Anda ukur. Ada tiga tipe utama spectrophotometer :
-Spectrophotometer 0º / 45º
-Spectrophotometer Spherical
-Spectrophotomer Multi-angle.

Nama-nama tersebut menggambarkan cara masing-masing perangkat mengukur warna.

Permukaan rata
Sebagian besar spektrophotometer mengukur cahaya yang dipantulkan pada sudut tetap pada sampel, biasanya 45 °, yang sangat bagus untuk permukaan glossy atau matte.

Manfaat tambahan pada spectrophotometer 0º / 45º adalah dapat menghilangkan gloss dari pengukuran. Ini disebut “specular excluded.” Mengapa Anda membutuhkan ini? Pikirkan tentang membaca majalah yang menggunakan kertas glossy. Anda memiringkannya sehingga silau tidak bercermin pada mata Anda, bukan? 0º / 45º melakukan hal itu, membiarkannya merasakan warna dengan cara yang sama seperti kita.
Instrumen-instrumen 0º / 45º, seperti X-Rite eXact, tampil dengan baik pada permukaan datar, pewarna, pigmen, dan gloss, terutama bahan kertas dan kemasan.

Permukaan bertekstur
Seperti yang dapat Anda bayangkan, permukaan bertekstur sulit diukur karena perubahan warnanya tergantung pada sudut Anda. Spectrophotometer bulat dapat mengukur cahaya yang tercermin pada semua sudut dan menghitung pengukuran warna yang sangat sesuai dengan apa yang mata manusia lihat.

Permukaan metalik
Pabrikan mobil telah menyempurnakan pelapis dengan efek khusus yang menciptakan pengalaman baru bagi pembeli mobil, dan cat kuku telah menjadi bentuk seni yang lebih dari sekadar aksesori kecantikan. Additif khusus seperti mika, bahan pearlescent – bahkan kerang permukaan tanah – menghasilkan permukaan yang bergeser dalam warna bila dilihat dari sudut yang berbeda.

Tentu saja, mengukur warna ini adalah sebuah tantangan. Alat multi-sudut memandang warna sampel seolah-olah sedang bergerak maju mundur, sama seperti Anda memutar sampel untuk melihat warna pada berbagai sudut. Instrumen multi-angle hari ini mengukur lima sudut berbeda dengan sudut specular atau gloss.

Goniometer besar dan mahal dulunya merupakan satu-satunya pilihan untuk mengukur logam metalik, sampai X-Rite memperkenalkan perangkat multi-sudut compact pertama. Spektrophotometer berbasis baterai portabel ini, seperti X-Rite’s MA98, digunakan oleh sebagian besar pembuat mobil dan rantai pasokan pewarna mereka di seluruh dunia.Spektrophotometer hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari i1Pro 2 portabel yang dapat dibawa berkeliling ruang produksi dan ruang prepress.

Tidak masalah ukuran atau proses pengukuran, tujuannya tetap sama: Spektrophotometer memastikan warna Anda tetap benar dari awal sampai akhir.