Yanuar Budi Winoto, lahir di Malang, 12 Januari 1979, pendidikan terakhir sarjana Teknik Elektro Universitas Brawijaya, Malang. Ia menikah dengan Ratih Pratiwi Magdalena, dan kini telah dikaruniai dua anak.

Yanuar merupakan pemilik dari beberapa perusahaan, diantaranya Majesty Printing, bergerak di bidang printing dan GigaPro Supplies yang begerak di bidang supply bahan Digital Printing. Kini Majesty Printing telah memiliki cabang, dengan nama yang lain, yaitu Light Printing, masih di kota Malang.

Latar belakang (sejarah) usaha Yanuar
Majesty Printing pada awalnya adalah sebuah toko komputer yang dahulu dikenal dengan nama Majesty Komputer. Pada saat berdiri tahun 2004 di kota Malang, Majesty Komputer melayani penjualan komputer baik desktop, laptop, jasa servis, printer dan jaringan.

Selang beberapa waktu berjalan, timbul visi untuk mendirikan sebuah bisnis yang bergerak di bidang percetakan. Dalam perjalanan setelah visi tersebut muncul, Majesty Komputer mulai belajar dunia digital printing. Produk pertama yang berhasil dikerjakan pada saat itu adalah kartu nama yang dijual 1 box nya seharga 40 ribu plus laminating. Pada awal pembuatan, kartu nama buatan Majesty Komputer masih menggunakan printer inkjet standar, waktu itu Epson C45 kemudian di-upgrade ke Epson R210 ukuran maksimal folio.

Pada tahun 2006 ,kami memberanikan diri membeli sebuah mesin digital printing Indoor ,bermodal patungan dengan teman-teman dekat, dipilih merek Epson tipe 9600 yang mampu mencetak hingga ukuran B0. “Patungan karena saat itu masih belum memiliki modal yang cukup. Maklum, masih baru lulus kuliah,dan baru merintis usaha sendiri,he..he..,” ujar Yanuar. Sejak saat itu, Majesty sudah mulai melayani jasa cetak digital printing. Namun produk yg bisa dihasilkan masih sangat terbatas hanya untuk cetak indoor saja, antara lain cetak foto berwarna, x-banner, roll banner.

Nama Majesty Komputer pun berubah menjadi Majesty Printing dan Komputer karena mengerjakan Printing dan komputer
Perkembangan teknologi di bidang digital printing maju dengan sangat pesat, dan pada tahun 2007, Yanuar membeli sebuah mesin digital printing untuk media promosi outdoor. Mesin yang kami pilih merek MyJet, dengan lebar 3,2m menggunakan head Xaar 128 sebanyak 16pcs. Beragam produk sudah bisa dihasilkan, seperti cetak spanduk, baliho, backlite, cover billboard, stiker, dan lain-lain. Saat itu di kota Malang baru ada 4 tempat Digital Printing dan Majesty adalah tempat ke 5 yang buka . Di tahun yang sama, nama Majesty Printing dan Komputer hanya menjadi Majesty Printing saja. Sedangkan divisi komputer sudah ditiadakan.

Inovasi baru selalu terus Yanuar lakukan. Banyak mesin baru yang didatangkan sehingga produk yang dihasilkan juga semakin beragam. Hal ini dilakukan guna memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan produk printing. Majesty berusaha selalu memberikan produk yang terbaik, kualitas terbaik ,harga yang terjangkau disertai dengan pelayanan yang terus disempurnakan.
Kini Majesty Printing bukan hanya melayani cetak indoor dan outdoor saja, tetapi juga sudah bisa melayani cetak offset menggunakan mesin Komori 4 warna, cetak plate CTCP ,Cetak laser A3 dengan mesin terbaru Konica Minolta bizhubPRESS C1100, cetak textile, serta memiliki divisi Advertising yang melayani pembuatan neon box, huruf timbul, pemasangan spanduk dan lain sebagainya.

Menurut Yanuar, semua yang terjadi hanya karena anugerah Tuhan yang maha Besar dan atas kepercayaan dari para pelanggan serta para suplier, sehingga dari toko komputer yang sederhana, sekarang Majesty Printing berkembang menjadi One Stop Printing Service di kota Malang, dengan jumlah karyawan sekitar 65 orang belum termasuk di cabang.

Kondisi bisnis cetak di daerah Malang menurut Yanuar Winoto
Kondisi cetak di kota Malang cukup berkembang pesat seiring dengan perkembangan kota Malang itu sendiri. Banyak UKM, Universitas, hotel – hotel baru, taman hiburan dan juga pelaku industri kreatif di kota Malang akan membuat usaha percetakan bisa berkembang.

Mesin-mesin yang digunakan Majesty Printing
Mesin-mesin yg dimiliki Majesty Printing saat ini antara lain: Konica Minolta bizhub PRESS C1100, Konica Minolta bizhub PRESS C6000, mesin Outdor Bluewin KM512i, mesin cetak offset 4 Warna merk Komori, mesin CTCP Cron, mesin cetak textile Sublim dengan Hotpres roll to roll, mesin cutting stiker, mesin Eco solvent Roland, Mimaki dan yang terbaru adalah Eyecolor, Summa dan Epson Surecolor S040670.

Ada pengalaman menarik selama usaha ?
Yanuar : “Pengalaman kami yang tidak terlupakan adalah saat kami bisa berbagi dengan warga sekitar. Kami pernah membagikan nasi bungkus kepada orang-orang gelandangan, anak jalanan. Kami juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis, meliputi cek kolesterol, kadar gula ,tekanan darah, kesehatan secara umum dan sunatan masal. Kami dan para karyawan merasakan kebahagiaan yang dalam saat melihat orang lain bisa ditolong.

Apa pendapat Bapak mengenai trend industri printing ke depannya?
Yanuar :”Trend industri printing ke depan menurut saya akan banyak didominasi oleh mesin digital, karena ke depan orang akan banyak membuat sesuatu yang kreatif namun jumlahnya tidak banyak, jadi yang sifatnya custom, itu sesuai dengan karakter mesin digital bisa mencetak walaupun 1 lebar saja.

Bisa diuraikan visi misi ke depan dari usaha yang Bapak jalankan?
Yanuar :”Untuk visi ke depan, kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik, mulai dari segi kualitas, harga dan pelayanan kami kepada para pelangan serta memberikan dampak positif bagi lingkungan sosial sekitar kami atau dengan kata lain kami diberkati untuk jadi berkat bagi orang lain.”

Alamat :
Majesty Printing
Jl. Brigjen Slamet Riadi 44
Telp 0341-369800, 0818387744
Email : majesty.printing@gmail.com
Web : www.majesty-printing.com
Malang –Jawa Timur